Saturday, December 13, 2008

Dia Buka Jalan

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Yesaya 43:19
====================
"Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara."

dia buka jalan, tuhan ajaibIngat lagu "Dia buka jalan" yang merupakan versi terjemahan karya Don Moen, "God Will Make A Way" ? "Dia buka jalan, saat tiada jalan..dengan cara yang ajaib, dibukaNya jalanku.." dan sebagainya.. Ini lagu yang tidak asing bagi saya. Ketika di awal perkenalan saya dengan Yesus ditengah pergumulan menghadapi ibu saya yang sedang sakit keras, lagu ini sungguh menguatkan saya. Malam ini sepulangnya saya dari undangan di sebuah pertemuan, lagu ini terus menerus hadir di dalam hati saya. Dan sepanjang jalan pun saya terus mengucap syukur dan berterimakasih pada Tuhan hingga sampai di rumah.

Dalam sebulan terakhir saya merasa begitu banyak pintu berkat dibuka. Ada berkat-berkat lewat caraNya yang ajaib dan tadinya terasa sangat tidak mungkin kini hadir begitu dekat. Memang hasil nyata belum ada yang terlihat, tapi bukankah jalan yang dibuka oleh Tuhan itu pun sudah merupakan mukjizat luar biasa? Setelah menerima Yesus, saya terus melatih diri untuk belajar akan satu hal: bahwa segala sesuatu haruslah sesuai dengan waktunya Tuhan, dan bukan menurut keinginan saya. Saya mengalami transformasi dari orang yang selalu pesimis dan dicekam kekhawatiran akan hari esok kemudian berubah menjadi orang yang hidup dengan keyakinan dan pengharapan penuh pada janji Tuhan. Tuhan selalu menyediakan rancangan damai sejahtera untuk menyongsong hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11), dan sangat dalam lewat pekerjaan-pekerjaanNya yang besar. (Mazmur 92:5). Dan ketika waktunya Tuhan tiba, kita pun akan melihat jalan-jalan yang terbuka lebar membentang di hadapan kita. Lihatlah betapa indahnya janji Tuhan dalam ayat bacaan hari ini. ""Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara." (Yesaya 43:19). Ya, Tuhan mampu membuat jalan di padang gurun masalah hidup dan sungai-sungai di padang belantara yang kering. Dalam banyak hal, Tuhan lebih suka menyediakan "kail" agar kita bisa memancing ketimbang menghadirkan "ikan" secara langsung. Mengapa demikian? Karena Tuhan tidak menyukai orang yang malas. Dia telah menyediakan segala sesuatunya dengan cukup agar kita mampu berusaha dan bekerja dengan giat. Begitu banyak orang yang tidak melihat apa-apa selain jalan buntu, sehingga sebuah jalan baru yang disediakan Tuhan lewat cara yang ajaib itu pun jelas merupakan sebuah berkat besar. Ketika kita tetap berhubungan dengan Tuhan dan menyerahkan hidup kita kepadaNya, mengetahui jalan menuju Kerajaan Allah berserta kebenarannya, maka segala sesuatu akan disediakan oleh Tuhan bagi kita (Matius 25:33), termasuk di dalamnya jalan-jalan yang Dia buka untuk melepaskan kita dari kesesakan dan memberkati hidup kita dengan penuh kelimpahan. Yang luar biasa, Tuhan telah menyediakan kasih karuniaNya dengan cukup lewat kecakapan, kemampuan dan talenta yang dapat kita pakai untuk bekerja dengan baik, merespon jalan demi jalan yang dibukaNya bagi kita.

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita." (Efesus 3:20). Ya, Tuhan memang luar biasa, karena Dia sanggup melakukan lebih dari apa yang kita doakan. Semua itu akan kita peroleh setelah kita menemukan Kerajaan Allah beserta kebenarannya. "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33). Kuncinya adalah percaya, percaya dan percaya. Adalah penting bagi kita untuk tetap hidup dalam pengharapan penuh dalam iman akan Kristus. "dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus." (Efesus 2:6-7). Jangan pernah menyerah, jangan cepat putus asa, karena Tuhan sanggup menyediakan segala kebutuhan bahkan lebih untuk anak-anakNya yang sungguh mengasihi Dia. Jadikan hidup anda sebagai kesaksian nyata, sehingga orang lain bisa mengenal Kristus dengan melihat betapa ajaibnya pekerjaan Tuhan dalam hidup anda. "Lihatlah di antara bangsa-bangsa dan perhatikanlah, jadilah heran dan tercengang-cengang, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan." (Habakuk 1:5).

Tuhan mampu buka jalan penuh berkat lewat caraNya yang ajaib

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker