Friday, February 13, 2009

Valentine's Day: A Day Of Love

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: 1 Yohanes 4:7
===========================
"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."

valentine's day, hari kasih, nyatakan cintaAda berapa banyak kartu valentine yang dikirimkan dalam setahun? Dari wikipedia saya mendapatkan datanya. Menurut The US Greeting Card Association, diperkirakan ada sekitar 1 milyar kartu valentine yang dikirimkan di seluruh dunia. Angka ini menjadikan hari valentine sebagai hari raya terbesar setelah Natal untuk urusan berkirim kartu. Itu adalah kartu yang dikirim lewat pos, belum lagi ucapan lewat e-card, sepucuk surat cinta, sms, telepon atau yang merayakan secara langsung tanpa kartu. Dalam merayakan valentine pun biasanya orang punya tradisi untuk mengajak orang yang dicintai ke restoran menikmati candle light dinner. Bunga mawar, atau bertukar kado, itu pun menjadi sebuah kebiasaan bagi banyak orang. Ada banyak restoran menawarkan paket valentine lengkap dengan sekuntum bunga dan paket-paket acara spesial lainnya, toko-toko dan mal pun biasanya membuat dekorasi khusus valentine.

Seberapa pentingkah sebuah perayaan valentine? Ada orang yang beranggapan tidak penting, karena merupakan pemborosan. Ada yang beranggapan tidak perlu, karena mereka tidak memerlukan satu hari khusus untuk menyatakan cinta kasih mereka. Ada yang beranggapan perlu karena di hari itu mereka bisa menyatakan perasaan mereka dengan nuansa yang berbeda dibanding hari-hari biasanya. Sebenarnya akan sangat baik jika kita mampu mengungkapkan perasaan sayang dan cinta kasih kita kepada orang-orang terdekat setiap hari. Namun seringkali kehidupan kita tidak memungkinkan kita untuk demikian. Sibuk bekerja, sibuk belajar, berbagai aktivitas yang menyita sebagian besar waktu kita, membuat kita tidak sempat untuk mengungkapkan rasa sayang dan cinta kita kepada orang-orang yang sangat kita kasihi. Maka bagi saya, hari valentine bisa dipakai sebagai sebuah hari yang kita sediakan secara khusus buat orang-orang yang spesial bagi kita.

Ketika tragedi 9/11 terjadi tahun 2001 yang lalu, ada begitu banyak orang menyadari bahwa mereka tidak seharusnya menunda lebih lama lagi untuk menyampaikan ucapan cinta kepada orang-orang terdekatnya, sebelum semuanya terlambat. Berbagai kisah dramatis dan tragis muncul dari para korban dan orang-orang yang ditinggalkan. Ada yang sempat menelpon dari pesawat sebelum pesawatnya ditabrakkan ke gedung WTC, dan kata terakhir mereka adalah "I love you.." Ada banyak pula orang yang menyesal terlambat menyatakan cinta mereka ketika orang yang mereka kasihi masih hidup. Kesibukan dan aktivitas sehari-hari membuat kita lupa untuk itu, bahkan sekedar ucapan singkat sekalipun. Dan mungkin sudah sifat manusia untuk terlena ketika semuanya masih ada, kemudian baru sadar ketika kesempatan untuk itu sudah tidak ada lagi. Tidak perlu ada hari khusus jika kita sanggup menyatakan kasih kita kepada pasangan, keluarga dekat dan teman-teman kita setiap hari. Namun jika kita menyadari betapa hari-hari kita begitu padat sehingga tidak sempat untuk itu, maka hari valentine bisa kita pakai sebagai sebuah momen yang indah untuk mengungkapkan kasih kita pada mereka.

Jangan berhenti hanya pada pasangan atau kekasih anda saja, ingatlah bahwa ada orang-orang yang sangat bermakna dalam hidup kita. Orang tua kita, kakek dan nenek, saudara, sahabat dan teman-teman, mungkin juga tetangga, dosen/guru dan sebagainya. Ayat bacaan hari ini mengajak kita untuk saling mengasihi secara luas, karena kasih itu berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengasihi adalah orang yang lahir dari Allah dan mengenal pribadiNya. (1 Yohanes 4:7). Yesus pun mengajarkan yang sama. "Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi." (Yohanes 13:34). Bahkan Yesus memberi sebuah dimensi baru mengenai kasih, yaitu sebuah kasih seorang yang begitu besar hingga sanggup memberikan nyawa untuk sahabat-sahabatnya. (Yohanes 15:13). Tidak hanya mengajarkan, namun Yesus telah melakukannya sendiri lewat karya penebusanNya di atas kayu salib, karena Dia begitu mengasihi kita.

Valentine's day is a day of love. Berikan perhatian khusus dan ucapan atau ungkapan kasih anda pada semua orang-orang terdekat anda. Ketika anda bertemu dengan pengemis, setidaknya berikan senyum anda. Ada banyak orang yang kehilangan kasih di sekitar kita. Orang yang tidak memperoleh kasih sayang dari orang tuanya, keluarga broken home, suami/istri yang bermasalah, orang-orang yang hidupnya begitu susah, dan sebagainya. Alangkah indahnya jika hari ini tidak hanya dipakai untuk kerabat terdekat saja, tapi sebagai titik tolak untuk membagikan sebentuk kasih yang kita terima dari Allah. "Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi." (1 Yohanes 4:11). Jika kita saling mengasihi, Allah ada di dalam kita dan kasihNya sempurna di dalam kita. (ay 12). Selain itu, anda bisa memanfaatkan hari kasih ini untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain yang sedang retak. This is the moment. Let's celebrate love's day by sharing God's love to each other. Happy Valentine's day, my friends.. God bless you all.


Nyatakan kasih secara khusus hari ini, sebelum semuanya terlambat

1 comment :

Tommy Alanzo said...

aku mengasihi semua manusia yang mengasihi Yesus!
salam dari Malaysia...

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker